Sebuah Renungan

Sebuah Renungan

May 26, 2012

Apakah Kesuksesan itu?

Siapapun (Saya, Anda, serta siapa saja), ketika ditanya: "Apakah kamu ingin SUKSES?". Dapat dipastikan, secara tegas dan jelas kita akan menjawab: "Ya iya laaah!!!". Selain itu, secara lugas pula, tiada seorangpun yang menyatakan ingin hidup 'miskin dan susah', namun sebaliknya... semua orang ingin hidup 'serba kecukupan (kaya) dan berbahagia'. Namun permasalahannya adalah:
... tidak setiap orang benar-benar memahami Arti Kesuksesan yang sebenarnya dan tidak mengetahui bagaimana cara mencapai hal-hal yang diinginkan tersebut. ...
Sehingga sangat sedikit sekali orang yang betul-betul bisa menikmati sukses yang diimpikannya.

KESUKSESAN memang impian setiap orang. Tetapi ketika ditanya apa arti kesuksesan,
jawabannya pasti bervariasi. Misalnya:

Seorang Guru mengatakan:
'Sukses adalah berhasil mendidik siswa-siswinya, sehingga mereka bisa mendapatkan nilai yang memuaskan dan bisa diterima di perguruan tinggi favorit dalam maupun luar negeri'.

Seorang Pengusaha menjawab:
'Kesusksesan adalah apabila ia bisa mendapatkan keuntungan milyaran, bahkan trilyunan rupiah dan bisa menikmati hidup senang dengan keuntungannya tersebut'.

Seorang Dokter berpendapat:
'Sukses adalah apabila ia berhasil mengobati setiap pasien, bahkan berat dan kritis sekalipun'.

Memang, tidak ada jawaban yang mendefinisikan secara tepat tentang arti kesuksesan. Lain ladang, lain belalang. Masing-masing orang akan memberikan definisi sesuai dengan latar belakangnya masing masing. Namun demikian, setiap definisi pasti memiliki argumen yang kuat.

Selanjutnya, ada beberapa definisi kesuksesan yang bisa kita cermati:

A. Kesuksesan Menurut Para Ahli, diantaranya:
a. Dr.D.J.Schwartz
Kesuksesan adalah 'Banyak hal-hal yang mengagumkan dan positif. Sukses berarti kesejahteraan pribadi, punya rumah megah, bisa menikmati liburan, bisa membeli barang-barang baru, merasa aman di bidang keuangan, bisa memberi kesempatan untuk maju kepada anak-anak. Dan Sukses berarti memperoleh Kenikmatan'.

b. Dorothy Leeds
Kesuksean adalah 'Menukarkan pengetahuan dengan tindakan yang positif, kepemimpinan yang disegani, baik dalam bisnis maupun dalam kehidupan sosial. Sukses berarti kebebasan. Kebebasan dari kegelisahan, ketakutan, kekecewaan (frustasi) dan kegagalan. Sukses berarti selfrespect (merasa terhormat), selalu merasa bahagia dan puas terhadap kehidupannya, dan berhasil berbuat yang lebih baik untuk orang-orang yang menjadi tanggungannya. Sukses berarti menang'.

c. Andrew Ho
Kesuksesan adalah 'Suatu perjalanan menuju ke sasaran-sasaran hidup yang berharga dan berguna untuk diri sendiri dan masyarakat sekitarnya'.

B. Kesuksesan Menurut Islam
a. Kesuksesan adalah "...orang-orang yang berbuat baik di dunia ini mendapatkan (pembalasan) yang baik. Dan sesungguhnya kampung akhirat adalah lebih baik dan itulah sebaik-baik tempat bagi orang yang bertaqwa (yaitu) surga Adn yang mereka masuk ke dalamnya, mengalir di bawahnya sungai-sungai, di dalam surga itu mereka mendapatkan apa yang mereka kehendaki. Demikianlah Allah memberikan balasan kepada orang-orang yang bertaqwa".
(QS.16: An-Nahl, ayat 30-31)

b. Kesuksesan adalah: "Orang yang hari ini lebih baik dari kemarin, dan besok lebih baik dari hari ini" (Al-Hadits).

c. Kesuksesan adalah: "...orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal shalih dan nasehat-menasehati supaya mentaati kebenaran dan menetapi kesabaran".
(QS.103: Al-Asr, ayat 3)

Demikian banyak definisi kesuksesan. Namun kita harus mencari definisi yang paling tepat bagi seorang muslim. Karena tujuan hidup kita bukan hanya semata-mata dunia saja atau semata-mata akhirat saja. Tetapi harus diseimbangkan antara keduanya, sehingga kebahagiaan di dunia bisa kita rasakan dan kita juga mendapatkan kebahagiaan akhirat yang abadi.

Kekayaan tanpa agama akan membuat orang lupa diri. Sedangkan agama tanpa kekayaan (kecukupan finansial), lama-kelamaan dalam kondisi yang mendesak akan menyebabkan kekufuran, bahkan kekafiran.
Sangat berharga sekali pesan Rasulullah SAW:
"Carilah duniamu seolah-olah kamu akan hidup seribu tahun lagi dan carilah akhiratmu seolah-olah besok pagi kamu mati".

C. Parameter Kesuksesan.
Kesuksesan adalah sesuatu yang bisa diukur dan dilihat indikatornya. Sukses dalam hidup akan bisa tercapai bila elemen-elemen berikut ini terpenuhi:
1. Hati yang tenang.
2. Keluarga yang bahagia.
3. Bisnis atau Karir yang berhasil.
4. Ada kedekatan dengan Allah SWT.
5. Hubungan sosial yang baik.
6. Sumber keuangan yang aman.
7. Rekreasi yang menyenangkan.
8. Segalam macam kebutuhan terpenuhi, termasuk rumah, kendaraan, dan kesehatan.

Setiap orang yang kaya bukan berarti orang yang sukses, tetapi orang yang sukses pasti adalah orang yang kaya, baik secara materi maupun non materi. Betapa banyak orang kaya yang keluarganya berantakan. Demikian juga sekian banyak orang miskin yang tidak bisa menikmati hdupnya dengan bahagia. Jadi, orang yang sukses adalah: Orang yang seimbang dalam mengejar dunia dan akhirat.***

=====***

No comments:

Post a Comment